Ini Waktu yang Tepat Untuk Memanggil Jasa Service Kulkas

Semua jenis perangkat elektronik pasti memiliki masa mengalami kerusakan. Kerusakan seperti ini bisa terjadi karena faktor usia ataupun faktor lainnya. Untuk kulkas yang mengalami masalah tertentu, maka bisa segera diperbaiki dengan memanggil jasa service kulkas. Tenaga yang ahli bisa dengan mudah memperbaiki kulkas yang bermasalah.

Sebelum memanggil jasa service, akan lebih baik jika mengetahui terlebih dahulu bagaimana kondisi kulkasnya. Jika memang tidak mengalami masalah tertentu, sudah pasti kulkas bisa bekerja secara normal. Namun apabila mengalami beberapa kerusakan yang tidak biasanya, maka sudah saatnya memanggil jasa ini. Berikut masalah kulkas yang perlu segera diperbaiki.

1. Freezer Terlalu Dingin

Kulkas memang memiliki suhu yang dingin dan berfungsi untuk mengawetkan makanan. Umumnya kulkas memiliki suhu ideal minus 17 derajat celcius. Jika dirasa suhu kulkas sangat dingin, maka kemungkinan terjadi masalah. Untuk kulkas yang memang sudah tua, rentan membentuk bunga es.

Penyebab yang paling sering terjadinya kristal es pada freezer karena terdapat segel yang tidak rapat, bisa juga sensor mengalami kerusakan. Untuk mendapatkan penyebab pastinya dan ditangani secara profesional, langsung saja panggil jasa service kulkas.

2. Terdapat Kristal Es

Permasalahan lain yang juga kerap terjadi adalah adanya kondensasi atau terbentuknya kristal es. Untuk mengetahui kondisi ini, cobalah mengecek bagian dalam kulkas. Jika bagian dalamnya basah atau terdapat tetesan kondensasi dan juga kristal es muncul. Bisa dipastikan, kulkas ini memang bermasalah.

3. Makanan Menjadi Cepat Busuk

Kulkas yang bermasalah bisa ditandai dengan makanan menjadi mudah busuk tidak seperti biasanya. Sebelum memanggil teknisi, periksalah pada bagian setelan suhu. Jika didapati suhu kulkas tetap ideal, antara 2.7 derajat celcius hingga 5 derajat celcius hal ini masih tergolong normal.

Namun jika mendapatkan kondisi suhu sudah dalam rentang normal tapi tetap bermasalah. Cobalah untuk mengecek apakah karet segel pada pintu kulkas rapat atau tidak. Untuk menghindari hal ini, bisa dengan selalu membersihkan bagian karet secara rutin agar fungsinya berjalan dengan normal.

4. Suara Motor Terdengar Lebih Kencang

Waktu yang tepat untuk memanggil jasa service kulkas bisa dilakukan saat terdengar suara motor lebih kencang dibandingkan biasanya. Suara motor pada kulkas memang terdengar lebih kencang dibandingkan dengan perangkat elektronik lainnya. Namun jika dirasa suaranya berubah semakin kencang, bisa saja kulkas bermasalah.

Bagian kulkas terdapat pengendali suhu yang nantinya menyalurkan tegangan ke kompresor dan kipas motor. Apabila bagian ini tidak berfungsi dengan baik, dapat mengakibatkan power akan terus disalurkan. Inilah yang juga menyebabkan kulkas menjadi terlalu dingin. Jika hal ini terjadi, jangan menunggu lama untuk  menghubungi teknisi.

5. Kulkas Menjadi Tidak Dingin

Kompresor pada kulkas memiliki peran penting, jika mengalami kerusakan mungkin saja kulkas tidak bisa mengeluarkan hawa dingin dengan optimal. Pastikan kulkas menjadi kurang dingin bukan karena pintunya tidak ditutup dengan rapat. Melainkan terjadi kerusakan pada kompresornya. Jika sudah begini, sudah saatnya menghubungi teknisi yang handal.

Beberapa permasalahan di atas bisa menjadi pertanda, waktu yang tepat kapan kulkas perlu diperiksa oleh teknisi. Sebelum memanggil teknisi, pastikan terlebih dahulu jika memang kulkas dalam kondisi tidak normal dan kinerjanya semakin menurun tidak seperti biasanya.

Kulkas yang mengalami masalah tertentu memang harus segera ditangani dengan tepat oleh jasa service kulkas. Jika tidak ditangani dengan cepat, mungkin saja kerusakan pada kulkas bisa semakin parah. Anda bisa menemukan tukang servis kulkas terbaik lewat rekomendasi dari Sejasa. Platform ini akan membantu anda untuk memberikan beberapa pensi jasa terbaik dan berkualitas serta sudah bersertifikasi.