Mendampingi Anak Belajar Dirumah Tentu Penting, Simak Tipsnya!

 

Setiap orang tua tentu saja menginginkan anaknya sukses untuk bisa menyerap pelajaran dan ilmu secara maksimal di sekolah. Namun hal ini juga harus didukung dengan kegiatan belajar di rumah, yang didampingi oleh orang tua. Bagaimana tips mendampingi anak belajar di rumah agar lebih efektif?

Tips Mendampingi Anak Belajar

Karena belajar di rumah juga sama pentingnya dengan belajar di sekolah untuk penyerapan materi pelajaran secara maksimal, berikut hal-hal yang bisa dilakukan oleh orang tua.

1. Sediakan Tempat Belajar Yang Nyaman

Orang tua tentu paling tahu bagaimana cara membuat anak nyaman belajar di rumah. Salah satunya dengan menyiapkan ruangan belajar khusus apapun bisa memaksimalkan kamar sebagai tempat belajar yang baik. Poin penting yang harus ada untuk membuat kenyamanan saat belajar di rumah adalah ruangan yang tidak sumpek dan pencahayaan yang cukup.

2. Sesuaikan Gaya Belajar Anak

Gaya belajar ada beberapa yang wajib dipahami oleh setiap orang tua dan tiap anak tentu punya gaya belajar yang berbeda. Ada anak yang suka belajar dengan auditori atau dengan mendengarkan dan ada juga anak yang suka belajar dengan metode visual.

Ada juga gaya belajar anak dengan kinestetik yaitu lebih suka menyerap informasi dengan mengeksplor hal-hal di sekitarnya, terdapat pula gaya belajar sosial, verbal hingga soliter.

3. Buatkan Jadwal Anak

Agar anak tetap disiplin dan punya jam belajar yang teratur maka wajib membuat jadwal. Pembuatan jadwal anak ini bisa didiskusikan antara ayah dan ibu atau juga bisa berdiskusi dan bekerja sama dengan anak. Jadwal ini bisa dibuat dan diatur mulai dari anak bangun tidur sampai kemudian tidur lagi pada malam hari.

4. Maksimalkan Waktu Bersama Anak

Memaksimalkan waktu bersama anak jadi tips mendampingi anak belajar di rumah yang juga penting. Jadi anak tidak hanya belajar melulu baik di sekolah maupun di rumah, namun punya momen-momen berkesan yang dilakukan bersama orang tua. Melakukan kegiatan bersama anak juga bisa membantu orang tua untuk mengenali lebih dalam anaknya sendiri.

Damping Anak Belajar dengan Pijar Belajar

Pijar Belajar bisa jadi tambahan suplemen untuk anak agar belajar di rumah lebih nyaman dan juga efektif.

1. Apa Itu Pijar Belajar

Pijar Belajar merupakan sebuah platform edukasi di bawah naungan PT Telkom Indonesia. Platform ini memiliki sistem online di mana anak bisa belajar di mana saja dan kapan saja, dengan materi yang pastinya lengkap. Visi dan misi dari Pijar Belajar adalah membantu pemerataan pendidikan di Indonesia dan ikut mencerdaskan anak bangsa.

2. Keunggulan pijar belajar

Ada beberapa keunggulan dari Pijar Belajar yang wajib kamu pahami.

  • Materi lengkap SD-SMP-SMA, semua materi yang dihadirkan lengkap dari jenjang SD sampai SMP dan ada tambahan juga latihan soal hingga video pembahasan di tiap materinya.
  • Harga terjangkau banget, biaya berlangganan yang ditawarkan untuk paket belajar juga sangat murah bahkan ada beberapa materi yang diberikan secara gratis.
  • Start 10rb, untuk berlangganan paket belajar dan juga akses ke fitur-fitur yang ada di platform ini kamu bisa keluarkan biaya mulai dari 10.000.
  • Bisa diakses laptop dan smartphone, karena bisa diakses dari mana saja dan kapan saja platform ini juga fleksibel. Bahkan jika kamu hanya punya Smartphone juga bisa akses Pijar Belajar untuk belajar secara online.

Sekarang tentu kamu sudah tahu tips mendampingi anak belajar di rumah. Untuk yang membutuhkan tambahan suplemen belajar online maka bisa download Pijar Belajar.