Mengenal Jenis-jenis Rumus Dalam Matematika

Matematika tidak hanya sekedar rangkaian angka dan simbol saja, melainkan juga terdiri dari sejumlah rumus yang dapat membentuk dasar pada berbagai konsep serta aplikasi dalam ilmu pengetahuan.

Tentu saja pada masing-masing rumus memiliki metodenya tersendiri. Nah, buat kamu yang ingin tahu berbagai jenis-jenis rumus dalam matematika, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

1. Rumus Pythagoras

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa Rumus Pythagoras merupakan salah satu rumus yang paling populer dalam bidang matematika.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena Rumus Pythagoras memiliki peran penting dalam sejarah perkembangan geometri dan trigonometri.

Dinamai dengan Rumus Pythagoras, dikarenakan rumus tersebut ditemukan oleh seorang matematikawan dari Yunani Kuno pada abad ke-6 SM yang bernama Pythagoras.

Kendati tidak ada kepastian bahwa dirinya yang menjadi sang penemu, namun Pythagoras telah memberikan kontribusinya dalam ilmu matematika kuno secara signifikan.

2. Rumus Aljabar

Pada dasarnya, Rumus Aljabar merupakan hal mendasar dari banyak cabang matematika.

Hal ini mencakup rumus untuk menghitung luas dan volume bangun ruang, rumus mengidentifikasi pola dalam deret angka, hingga rumus untuk menyelesaikan persamaan aljabar.

Adapun mengenai berbagai jenis contoh rumus Aljabar, seperti rumus jajar genjang, rumus kuadrat, serta rumus untuk menghitung persamaan garis.

3. Rumus Geometri

Rumus Geometri merupakan cabang matematika yang meneliti sifat-sifat ruang dan bentuk.

Umumnya, rumus ini kerap digunakan untuk menghitung beragam properti geometris, mulai dari luas, volume, hingga panjang sisi bangun ruang.

Geometri juga terdiri dari beragam jenis rumus berbeda, seperti rumus volume balok, rumus keliling lingkaran, serta rumus luas segitiga.

4. Rumus Trigonometri

Rumus Trigonometri mempelajari seputar hubungan antara sudut dan panjang sisi-sisi segitiga.

Itu sebabnya, mengapa Rumus Trigonometri biasa digunakan untuk menghitung panjang sisi-sisi segitiga serta mengidentifikasi sudut-sudut segitiga.

Terdapat beberapa contoh dari Rumus Trigonometri yang meliputi rumus kosinus, sinus, dan tangen.

5. Rumus Intergal dan Turunan

Selanjutnya ada Rumus Trigonometri yang meneliti perubahan dan akumulasi. Rumus intergal biasa digunakan untuk menghitung luas area dibawah kurva, sementara rumus turunan untuk menghitung laju perubahan sebuah fungsi.

Contoh rumus intergal yang umumnya digunakan adalah rumus intergal tentu dan tidak tentu, sedangkan rumus turunan meliputi rumus turunan fungsi polinominal dan eksponensial.

6. Rumus Statistik

Rumus Statistik mempelajari berbagai hal, mulai dari pengumpulan, analisis, hingga interpretasi data.

Sehingga Rumus Statistik biasa diandalkan untuk menghitung beragam ukuran statistik, seperti median, mean, dan standar deviasi.

Adapu mengenai jenis-jenis contoh Rumus Statistik, seperti rumus rata-rata matematika, rumus rentang, dan rumus koefisien korelasi.

7. Rumus Fisika

Sesuai dengan namanya, Rumus Fisika akan meneliti sifat-sifat materi, energi, hingga interaksinya.

Sehingga Rumus Fisika biasa digunakan untuk menggambarkan suatu hubungan antara berbagai variabel fisika, mulai dari gaya, massa, dan percepatan.

Rumus Fisika in terdiri dari berbagai contoh, seperti rumus energi kinetik, rumus gravitasi, hingga hukum newton.

8. Rumus Kompleksitas Algoritma

Jenis rumus matematika berikutnya yang akan dibahas, yakni Rumus Kompleksitas Algoritma.

Rumus ini biasa digunakan untuk menganalisa sebuah kompleksitas algoritma, yaitu seberapa efisien suatu algoritma dalam menyelesaikan masalah.

Dengan kata lain, rumus ini berfungsi untuk mengukur waktu serta ruang yang dibutuhkan oleh sebuah algoritma dalam menyelasikan masalah.

Nah, itu dia beberapa jenis rumus yang terdapat dalam ilmu matematika.