Rekomendasi 4 Aplikasi Akuntansi Android Terbaik

Penggunaan teknologi merupakan bagian yang tidak bisa lepas dari kehidupan setiap orang pada zaman sekarang. Tentunya penggunaan teknologi seperti PC, android, dan iPhone digunakan karena memiliki banyak kelebihan bagi penggunanya.

Menggunakan android ataupun iPhone merupakan suatu keharusan pada zaman sekarang ini. Bahkan terkadang orang yang belum bisa menggunakan android sejenis ini sering dikatakan sebagai orang yang ketinggalan zaman.

Dikatakan sebagai orang yang ketinggalan zaman pada zaman sekarang ini rasanya seperti sesuatu yang agak lucu. Karena biasanya semua orang pada zaman ini sudah pandai menggunakan android baik dari usia muda hingga tua dan dari berbagai kalangan.

Penggunaan android ini biasa digunakan untuk membantu mempermudah kegiatan sehari-hari dengan bermacam-macam fitur yang disediakan didalamnya. Android sendiri merupakan suatu perangkat kecil yang penggunaannya sangat efektif karena ukurannya yang kecil.

Oleh karena itu biasanya banyak disediakan aplikasi-aplikasi pembantu yang bisa diunduh didalam aplikasi di android. Aplikasi pembantu yang ada di android ini sangat banyak jenisnya yang disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Biasanya aplikasi pembantu yang diunduh pada android adalah aplikasi untuk membantu urusan bisnis, game, dan urusan pendidikan. Semua jenisnya dapat diunduh pada fitur didalam android.

Biasanya untuk kebutuhan perusahaan akan dibutuhkan aplikasi yang terkait dengan akuntansi. Aplikasi ini banyak disediakan di android dengan berbagai macam versi aplikasinya.

Aplikasi di android biasanya berukuran tidak besar dan sangat sesuai dengan spesifikasi pada android. Untuk itu berikut daftar beberapa aplikasi di android yang dapat digunakan untuk membantu urusan akuntansi perusahaan:

1. Jurnal Mobile App

Aplikasi akuntansi yang bisa digunakan pada android ini bernama Jurnal. Aplikasi ini menyediakan dalam versi website dan juga aplikasi

Aplikasi ini sudah sangat banyak digunakan oleh perusahaan baik yang versi website dan aplikasi android. Aplikasi ini digunakan karena fungsi utamanya yaitu mengatur laporan keuangan suatu perusahaan.

Aplikasi ini didesain dengan logo A pada bagian luar aplikasinya. Aplikasi ini sendiri umumnya sering dipakai pada perusahaan untuk membantu urusan bisnis.

Segala hal yang berkaitan dengan pengaturan urusan akuntansi perusahaan dapat diselesaikan oleh aplikasi ini. Aplikasi ini juga dapat digunakan pada perangkat tautan lain seperti iPhone dan PC.

Menurut laman situsnya di https://www.jurnal.id/id/fitur/ios-android-app/, aplikasi Jurnal ini memiliki banyak kelebihan yang bisa didapatkan penggunanya sangat mengunduh aplikasi ini diantaranya :

  • Penggunaan aplikasi android akuntansi ini akan sangat menghemat waktu pekerjanya
  • Penggunaan aplikasi ini pada perangkat tautan sejenis android menjadi lebih mudah
  • Pelaksanaan tugas dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun
  • Kegiatan pencatatan keuangan perusahaan dilakukan secara akurat dan otomatis.
  • Mampu mengontrol arus kas bulanan dengan sangat baik

2. Equip

Aplikasi akuntansi android selanjutnya yang berkaitan dengan kegiatan akuntansi perusahaan adalah aplikasi Equip. aplikasi akuntansi ini berasal dari negara Singapura.

Aplikasi akuntansi ini tersedia dalam dua versi yaitu berbasis windows dengan berbasis pada perangkat tautan seperti Android dan iOS. Pada versi windows software ini dapat diunduh pada PC masing-masing pengguna namun biasanya untuk pemakaian tidak akan gratis karena pengguna akan diwajibkan membeli lisensi dari penggunaan aplikasi tersebut.

Sedangkan pada versi aplikasi bisa diunduh dengan mudah pada android atau iOS. Pengunduhan dapat dilakukan dengan ukuran aplikasi hanya sebesar 4,7 MB. Ukuran aplikasi yang sangat ecil dan sangat mudah untuk dapat digunakan pada perangkat tautan pengguna.

Didalam aplikasi Equip ini disediakan berbagai macam fitur pendukung yang dapat digunakan untuk mengatur segala keuangan perusahaan anda. Fitur-fitur yang tersedia mampu menampilkan saldo keuangan, investasi, dan jenis asuransi dalam perusahaan anda.

Sehingga dengan adanya kehadiran aplikasi ini maka dapat membantu sekali dalam pekerjaa pembuatan laporan keuangan suatu perusahaan. Dengan adanya aplikasi maka segala pengaturan keuangan perusahaan sudah diatur dengan sistematis oleh aplikasi sehingga pengguna dapat menajdi lebih fokus dalam mengembangkan bisnisnya.

Sedangkan kekurangan pada aplikasi ini hanya terletak pada versi penggunaan pada perangat tautan dimana versi android yang dibutuhkan sangat tinggi. Sehingga untuk pengguna yang ingin menggunakan versi android maka harus menggunakan versi android 4.4 yang sesuai dengan persyaratan aplikasi Equip ini.

3. SAP Fiori Client

Aplikasi akuntansi versi android kali ini bernama SAP. Aplikasi ini berasal dari negara Jernan dan dirancang sudah sejak tahun 1972.

Aplikasi akuntansi ini memiliki fungsi utama dalam melakukan pencatatan seluruh kegiatan transaksi perusahaan dan menyajikannya dalam bentuk laporan. Aplikasi ini menyediakan banyak fitur-fitur menarik yang berkaitan dengan kegiatan akuntansi perusahaan.

Aplikasi akuntansi ini sangat kompatibel dengan perangkat android dan iOS. Dalam penggunaan versi android aplikasi akuntansi SAP ini dapat diunduh dengan mudah pada play store dan disediakan dengan ukuran 19 MB.

Didalam aplikasi akuntansi SAP ini disediakan berbagai macam fitur menarik seperti :

  • Fitur pengelola bisnis harian perusahaan
  • Pendataan transaksi perusahaan
  • Fitur penyajian lembar data yang akurat

Dengan aplikasi akuntansi SAP ini maka pengguna dapat melakukan kegiatan bisnis anda dalam waktu yang tak terjangkau karena aplikasi ini dapat digunakan dimana saja dan kapan saja. Aplikasi akuntansi SAP mampu meningkatkan produktivitas perusahaan anda.

Aplikasi akuntansi SAP ini juga memiliki rating penggunaan android yang baik yaitu sebesar 4,6 bintang. Rating tersebut merupakan rating penggunaan yang baik untuk kategori aplikasi.

Sedangkan pada aplikasi ini kekurangan yang dapat dirasakan oleh penggunanya beberapa diantaranya meliputi :

  • Versi aplikasi android yang dibutuhkan tinggi yaitu sebesar 5.1
  • Masih terjadi beberapa kali eror pada bagian fitur absen yang disediakan dalam aplikasi akuntansi SAP ini.

4. MYOB Advanced

Aplikasi akuntansi yang satu ini berasal dari negara Australia. Aplikasi akuntansi MYOB ini dirancang sudah sejak tahun 1991 dan merupakan aplikasi akuntansi yang sukses dan banyak digunakan oleh perusahaan bisnis.

Aplikasi akuntansi ini memiliki desain logo ‘’m’’ pada bagian depan symbol aplikasinya. Aplikasi akuntansi ini memiliki fungsi utama yaitu memberikan kemudahan bagi penggunanya dalam menjalankan bisnis mereka.

Aplikasi akuntansi ini didalamnya disediakan banyak fitur menarik seperti summary, details, settings, activities, opportunities, dan other. Masing-masing fitur tersebut bekerja agar dapat memaksimalkan kegiatan bisnis suatu perusahaan.

Adapun manfaat yang diberikan dari menggunakan aplikasi akuntansi MYOB ini diantaranya :

  • Mampu melakukan pendataan uang keluar dan kwitansi perusahaan dengan menggunakan kamera android pengguna.
  • Setiap pekerjaan bisnis dalam suatu perusahaan terlaksana dengan baik dan tepat waktu
  • Sistem aplikasi akuntansi dapat mengajukan dokumen yang membutuhkan persetujuan anda sehingga aktivitas pekerjaan tetap terkontrol dengan baik

Berbagai macam manfaat yang bisa kita dapatkan dari menggunakan aplikasi akuntansi MYOB ini. Aplikasi akuntansi ini juga memiliki rating yang sedang dari penggunanya.

Adapun kekurangan dari penggunaan aplikasi ini adalah beberapa fitur yang disediakan tidak tersedia dalam bentuk MYOB Advance sehingga akan lebih apabila menggunakan versi website dari aplikasi ini karena fitur yang disajikan juga lebih beragam.

Pada versi android juga aplikasi ini membutuhkan penggunaan versi android yang lebih tinggi yaitu sekitar 5.1 dan pengguna harus memenuhi standard penggunaan versi android dari aplikasi ini. Karena biasanya penggunaan yang tidak sesuai akan menyebabkan aplikasi tidak dapat berjalan dengan lancer dan baik.

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi akuntansi yang cocok sekali digunakan untuk membantu kerja perusahaan yang bergerak dalam bidang industry apapun. Karena dengan menggunakan aplikasi akuntansi sejenis ini maka kegiatan akuntansi perusahaan dapat tersusun sistematis.