Begini Cara Ampuh Atasi Batuk dengan Cepat Tanpa Obat

Anda sedang mencari cara mengatasi batuk dengan cepat dan efektif tanpa mengonsumsi obat ? Tenang saja, di majalahjogja.com akan diuraikan cara ampuh untuk meredakan batuk tanpa obat.

Begini Cara Ampuh Atasi Batuk dengan Cepat Tanpa Obat

Batuk adalah gejala yang umumnya mudah menyerang siapa saja. Berkonsultasi dengan dokter adalah solusi yang paling banyak dilakukan untuk meredakan gejala batuk. Namun siapa sangka ada cara efektif atasi batuk dengan cepat tanpa mengonsumsi obat. Simak uraiannya berikut ini.

1. Rutin Mengonsumsi Madu

Mengonsumsi madu hangat dengan campuran perasan lemon adalah cara ampuh mengatasi batuk secara alami. Tanpa penggunaan obat, campuran bahan alami yang bersifat antiinflamasi dan antiseptik ini dapat membantu melembutkan tenggorokan dan meredakan batuk.

2. Menggunakan Steam Inhalation

Meredakan gejala batuk dapat dilakukan dengan cara menghirup uap air panas atau steam inhalation. Cara ini dianggap efektif untuk melembutkan lendir dan melegakan pernapasan. Siapkan wadah berisi air panas lalu tutup bagian kepala dengan handuk agar tidak terkena uap air yang terlalu panas.

3. Mengonsumsi Teh Jahe

Jahe memiliki sifat antiinflamasi dan antiseptik yang dapat digunakan sebagai obat batuk alami untuk meredakan gejala batuk. Sediakan potongan jahe segar lalu rebus dan jadikan sebagai minuman hangat untuk melegakan tenggorokan dan mengurangi intensitas batuk.

4. Mencukupi Kebutuhan Cairan

Saat sedang dilanda batuk, pastikan tubuh tetap terhidrasi dengan mencukup kebutuhan cairan. Memastikan tubuh anda mendapat cairan yang cukup adalah kunci untuk mengatasi batuk dengan efektif. Anda bisa mengonsumsi teh herbal, kaldu ayam dan minum air putih minimal 8 gelas dalam sehari untuk menjaga lendir tetap encer.

5. Menghindari Polusi Udara dan Asap Rokok

Bagi sebagian orang, mudah mengalami batuk karena alergi terhadap poultan. Oleh karena itu, sebaiknya hindari paparan asap rokok dan polusi udara supaya batuk tidak semakin parah dan cepat mereda.

Itulah dia cara ampuh meredakan gejala batuk dengan cepat tanpa obat yang bisa dijadikan sebagai alternatif paling efektif. Jadi, selain mengonsumsi obat batuk berdahak paling ampuh, jangan ragu mencoba berbagai cara diatas untuk meredakan gejala batuk yang diderita ya!