Kredit HP Tanpa Uang Muka? Kredivo Solusinya

Bagi kamu yang punya kartu kredit bank, kredit HP tanpa uang muka atau kredit barang lainnya adalah hal yang mudah didapat, baik itu di e-commerce atau di toko langsung.

Tapi, untuk orang yang belum punya kartu kredit, bisa punya akses kredit yang tanpa dp mungkin masih seperti mimpi dan sulit didapat.

Bener nggak, sih?

Beberapa tahun lalu sebelum ada layanan paylater, hal itu mungkin benar. Tapi sekarang, adanya Kredivo dan paylater lainnya udah bisa jadi opsi terbaik yang dapat kamu coba kalau punya kebutuhan untuk ambil kredit.

Kredivo termasuk kredit online unggulan yang prosesnya nggak memerlukan DP selama limit kredit kamu cukup. Bisa buat kredit HP, gadget, dan barang lainnya sesuai kebutuhan.

Tertarik coba?

Kamu bisa daftar dan melakukan transaksi pakai Kredivo dengan 5 langkah mudah ini:

Pastikan sudah memenuhi syarat dan daftar via aplikasi Kredivo

Sama dengan kartu kredit, daftar akun Kredivo juga punya sejumlah syarat yang harus kamu penuhi di awal tapi lebih singkat dan mudah, yaitu:

  1. Kamu adalah WNI berusia 18 – 60 tahun.
  2. Sudah bekerja dan punya penghasilan minimal sebesar Rp 3 juta per bulan.
  3. Berdomisili di wilayah jangkauan layanan Kredivo, yaitu Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, Kediri, Tasikmalaya, Tegal, Lampung, Banjarmasin, Pontianak, Cilegon, Malang, Bontang, Tanjung Pinang, Metro, Dumai, Gowa, Maros, Banyuasin, dan Deli Serdang.

Kalau kamu sudah memenuhi kriteria di atas, kamu bisa download aplikasi resmi Kredivo di Google Play Store atau App Store. Setelah itu, lakukan pendaftaran sesuai dengan panduan yang tertulis di aplikasi.

Ada dua tipe akun Kredivo yang bisa kamu pilih: akun Basic atau akun Premium. Kalau mau dapat limit lebih besar, maksimal s.d Rp 50 juta, kamu bisa memilih tipe akun Premium saat daftar di awal.

Dalam proses daftar akun, kamu akan perlu mengunggah data-data yang dibutuhkan seperti KTP dan NPWP. Pastikan, kamu memotret dokumennya dengan benar, jelas, dan hasil fotonya bisa terbaca. Plus, pastikan juga data-data yang kamu gunakan adalah asli milik kamu sendiri supaya peluang disetujuinya jadi lebih besar karena datanya jelas.

Kemudian, tunggu dalam waktu 1×24 jam untuk proses review dari Kredivo. Kamu akan dapat informasi via email atau app jika status pendaftaranmu disetujui atau ditolak.

Periksa jumlah limit kredit dan tentukan budget HP yang mau dibeli

Bukan cuma status pendaftaran, kalau disetujui, Kredivo juga akan memberikan kamu limit kredit nontunai secara langsung. Kamu bisa mengeceknya di bagian halaman depan aplikasi Kredivo. Walau bisa sampai Rp 50 juta, belum tentu kamu akan dapat limit di angka maksimal. Jadi, kamu harus mengecek berapa jumlah limit yang kamu dapatkan sebelum transaksi.

Nggak hanya mengecek jumlah limit, kamu juga harus penuh perhitungan dan pertimbangan ketika ingin pakai limitnya. Hindari menggunakan limit secara impulsif tanpa dihitung, apakah kamu mampu atau nggaknya untuk bayar angsurannya per bulan nanti. Dengan begitu, penggunaan kredit online akan jadi lebih aman dan kamu terhindar dari utang yang menumpuk.

Kalau tujuannya untuk beli HP, maka kamu bisa menentukan tipe HP seperti apa yang dibutuhkan dari sekarang dan juga budgetnya. Terlebih budget yang sesuai dengan kemampuan kamu per bulan untuk bayar cicilannya.

Contohnya, kalau setiap bulan dengan situasi keuangan sekarang kamu bisa cicil Rp800.000 per bulan selama 12 bulan, hitungan kasarnya berarti kamu bisa beli atau cicil HP yang harganya maksimum Rp9.600.000. Dari budget awal inilah, kamu bisa mulai mencari tipe HP apa yang harganya sesuai dengan budget dan spesifikasinya sesuai kebutuhan.

Pilih merchant rekanan Kredivo untuk bertransaksi

 Sudah hitung budget dan tahu mau beli HP apa?

Selanjutnya, kamu tinggal memilih mau transaksi cicilan di mana pakai Kredivo. Bisa secara online di e-commerce seperti Tokopedia, Lazada, Blibli, Bukalapak, atau Eraspace.com. Bisa juga langsung di toko Xiaomi, Samsung, iBox, Erafone, dan yang lainnya.

Yang terpenting, kamu perlu memastikan bahwa merchant pilihanmu sudah menjalin kemitraan dengan Kredivo. Caranya gampang, kamu bisa mengecek daftar merchant yang sudah bekerja sama dengan Kredivo langsung di aplikasi dan menu “Merchant”.

Pilih opsi cicilan yang tersedia di halaman pembayaran

 Ada tiga opsi cicilan yang tersedia di Kredivo dan bisa kamu gunakan, yaitu:

  1. Opsi beli dan bayar dalam 30 hari tanpa dikenakan bunga.
  2. Opsi cicilan 0%, tenornya maksimal 3 bulan, dan ada biaya admin sebesar 1% per bulan.
  3. Opsi cicilan dengan bunga 2,6% per bulan, ada pilihan tenor 6 – 12 bulan, tanpa biaya admin.

Selama limit kreditmu cukup, kamu nggak perlu uang muka untuk transaksi cicilan pakai Kredivo.

Ketiga opsi di atas bisa dipilih sesuai kebutuhan dan juga kemampuan. Kalau mau cicilan lebih ringan dan cepat lunas, opsi kedua adalah yang terbaik. Tapi, kalau harga HP yang kamu beli cukup mahal, misalnya HP flagship, opsi ketiga bisa membantu meringankan cicilan per bulannya.

Cek simulasi cicilan sebelum melanjutkan

Jangan lupa, cek simulasi cicilan sesuai dengan opsi cicilan yang kamu pilih. Kalau pilih opsi cicilan 0%, pastikan angka simulasinya sesuai, mulai dari jumlah angsuran sampai biaya admin yang harus kamu bayar per bulan.

Kalau sudah sesuai, kamu dapat melanjutkan transaksi dengan memasukkan password dan juga OTP yang dikirimkan Kredivo via SMS. Tunggu beberapa saat sampai transaksi dinyatakan berhasil.